Rabu, 06 Juli 2011

Mengenal Kabel UTP dan Cara Memasang Konektor RJ45

Kabel UTP (Unshielded twisted-pair) merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. UTP memiliki impendansi kira-kira 100 Ohm dan tersedia dalam beberapa kategori yang ditentukan dari kemampuan transmisi data yang dimilikinya seperti tertulis dalam tabel berikut.
KategoriKegunaan
Category 1 (Cat1)Kualitas suara analog
Category 2 (Cat2)Transmisi suara digital hingga 4 megabit per detik
Category 3 (Cat3)Transmisi data digital hingga 10 megabit per detik
Category 4 (Cat4)Transmisi data digital hingga 16 megabit per detik
Category 5 (Cat5)Transmisi data digital hingga 100 megabit per detik
Enhanced Category 5 (Cat5e)Transmisi data digital hingga 250 megabit per detik
Kabel UTP Category 5 (Cat5) adalah kabel dengan kualitas transmisi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4), yang didesain untuk mendukung komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100 megabit per detik. Kabel ini menggunakan kawat tembaga dalam konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) yang dilindungi oleh insulasi. Kabel ini telah distandardisasi oleh Electronic Industries Alliance (EIA) dan Telecommunication Industry Association (TIA).
Kabel Enhanced Category 5 ini merupakan versi perbaikan dari kabel UTP Cat5, yang menawarkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan Cat5 biasa. Kabel ini mampu mendukung frekuensi hingga 250 MHz, yang direkomendasikan untuk penggunaan dalam jaringan Gigabit Ethernet, meskipun menggunaan kabel UTP Category 6 lebih disarankan untuk mencapai kinerja tertinggi.
Menghubungkan jaringan Ethernet dengan menggunakan kabel UTP Category 5, terdapat dua tipe, yaitu Crossover cable dan Straight-through cable. Kabel Crossover digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama (NIC dengan NIC lainnya, hub dengan hub yang lainnya dan lain-lain), dan kabel Straight-through digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, misalkan NIC dengan hub atau NIC dengan switch.

Kabel UTP tersusun atas empat pasang kabel kecil didalamnya, dengan warna yang berbeda-beda. Keempat pasangan kabel UTP tersebut adalah :
  • Pasangan 1 : Putih-Biru dan Biru,
  • Pasangan 2 : Putih-Oranye dan Oranye,
  • Pasangan 3 : Putih-Hijau dan Hijau,
  • Pasangan 4 : Putih-Coklat dan Coklat.

Ada dua tipe pemasangan kabel UTP pada konektor RJ45, tergantung tujuan pemanfaatan kabel itu nantinya, yaitu tipe Straight Through dan Cross Over. Perbedaan kedua tipe tersebut adalah :
  • Straight Through
    Pemasangan kedua ujung kabel UTP pada konektor RJ45 dilakukan berdasarkan urutan warna sebagai berikut :
    Pin 1 : Putih-Oranye,
    Pin 2 : Oranye,
    Pin 3 : Putih-Hijau,
    Pin 4 : Biru,
    Pin 5 : Putih-Biru,
    Pin 6 : Hijau,
    Pin 7 : Putih-Coklat,
    Pin 8 : Coklat,
    Tipe pemasangan seperti ini dipakai pada LAN Ethernet 10BaseT, untuk menghubungkan PC dengan HUB atau SWITCH, PC dengan outlet di dinding, dan atau dari HUB ke outlet di dinding.
  • Cross Over
    Pemasangan salah satu ujung kabel UTP pada konektor RJ45 dilakukan sesuai cara pemasangan tipeStraight Through, sedangkan ujung kabel yang lain ke konektor RJ45 dilakukan berdasarkan urutan warna sebagai berikut :
    Pin 1 : Putih-Hijau,
    Pin 2 : Hijau,
    Pin 3 : Putih-Oranye,
    Pin 4 : Biru,
    Pin 5 : Putih-Biru,
    Pin 6 : Oranye,
    Pin 7 : Putih-Coklat,
    Pin 8 : Coklat,
    Pemasangan kabel tipe ini biasanya dilakukan untuk menghubungkan HUB/SWITCH dengan HUB/SWITCH, dan PC dengan PC.
 
Alat dan bahan yang dipergunakan dalam pemasangan ini adalah : 
  • Kabel UTP.
  • Konektor RJ45.
  • Crimping Tool.
Langkah keja pemasangan kabel UTP pada konektor RJ45 adalah sebagai berikut : 
 
  • Lepaskan selimut luar kabel UTP tanpa merusak empat pasang kabel didalamnya menggunakan crimping tool.
  • Potong dengan rapi keempat pasang kabel sehingga hanya memiliki panjang setengah inci dari potongan selimut luar, agar kabel nantinya dapat terpasang dengan erat pada konektor RJ45.
  • Buka klip pada konektor RJ45 lalu masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam pin-pin didalamnya sesuai ketentuan tipe pemasangan.
  • Eratkan kabel UTP dan konektor RJ45 dengan menggunakan crimping tool.
  • Test koneksi kabel.
Selamat mencoba, semoga informasi ini dapat berguna bagi semua. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar