Selasa, 12 Juli 2011

Kerusakan Yang Sering Pada Power Suplay PC

Pengaruh dari power supply terhadap kinerja sebuah PC sangat vital. Power Supply yang bermasalah bisa mengakibatkan PC sering hang bahkan tidak bisa ON sama sekali.

Kerusakan Power Supply secara mudah dibedakan menjadi dua. Yaitu kerusakan Mati total dan Kerusakan Lemah. Lemah dalam artian catu daya yang dihasilkan sudah tidak standar lagi.

Power Supply mati total
Mendeteksi power supply mati total cukup mudah. Kalau kipas pendingin Power supply mati bisa dipastikan power supply mati. Untuk memastikan kembali buka casing power supply. Perhatikan fuse/sikring kalau putus sudah pasti power supply mati. Tapi kadang fuse tidak putus. 

Perhatikan komponen-komponen terutama yang menepel pada pendingin. Seperti terbakar atau tidak. Biasanya kalau power supply mati tercium bau seperti terbakar. Jika power supply kondisi seperti di atas bisa dipasikan 100% rusak.

Power Supply lemah.
Powre Supply masih hidup tetapi catu daya yang di hasilkan berkurang atau tidak sesuai standar. Coba cek tegangan power supply di bios. Jika tegangan atau voltage yang dihasilkan jauh dari ambang batas toleransi berarti kondisi sudah lemah. Efeknya adalah PC menjadi sering hang. Apalagi jika menggunakan beberapa harddisk atau peralatan tambahan lainnya, misal kipas tambahan.

Biasanya jika dibuka casing power supply akan terlihat adanya elco-elco yang mengelembung. Atau ada beberapa resistor yang nilainya sudah berubah
.

Sumber : shvoong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar